WHAT'S NEW?
Loading...

5 Cara Bisnis Ternak Ayam Bangkok Sukses bagi Pemula

Ternak ayam bangkok sukses akan terlihat dari ayam yang dihasilkan. Ayam bangkok tersebut memiliki kualitas unggul jika lincah, memiliki kekuatan otot maupun tulang yang kokoh. Tulang yang kokoh tersebut akan menjadi bekal yang bagus untuk ayam bangkok. Hal itu dikarenakan ayam bangkok menjadi ayam aduan dimana dengan tulang yang kuat bisa digunakan untuk merobohkan lawan terlebih lagi didukung dengan jaringan otot yang kuat. Oleh sebab itulah merawat ayam bangkok ini tidak boleh sembarangan, diperlukan teknik dan cara yang khusus supaya ayam bangkok tersebut bisa seperti yang diharapkan. Kesalahan ternak akan membuat ayam menjadi lemah dan memiliki jaringan otot yang lemah pula. Berikut ini adalah cara ternak ayam bangkok sukses yang bisa dilakukan oleh peternak pemula sekalipun:

Kuatkan Tekad

Cara ternak ayam bangkok sukses yang pertama adalah kuatkan tekad peternak terlebih dahulu. Tanpa tekad yang kuat ini bisa membuat ternak ayam bangkok tidak seperti yang diharapkan. Untuk bisa sukses dengan ternak ayam bangkok peternak perlu menentukan apa yang ingin dia tuju bersama dengan peternakan yang didirikannya. Ketika semangatnya mulai kendor, ingat kembali apa yang menjadi tujuannya mendirikan peternakan selama ini.

Hitung Budget yang Dibutuhkan

Cara ternak ayam bangkok yang sukses selanjutnya adalah hitung budget yang dibutuhkan. Kekurangan modal hanya akan membuat peternakan ayam bangkok yang didirikan bisa berhenti di tengah jalan. Oleh sebab itu perhitungan modal yang mendetail ini diperlukan untuk mendirikan peternakan ayam bangkok seperti yang diharapkan.

Kandang

Persiapan awal yang haus diperhatikan oleh peternak adalah kandangnya. Sebelum ayam diternakkan kandang ini harus ada. Kandang ini menjadi modal awal yang harus dimiliki oleh peternak. Khusus pemula jangan menernakkan ayam dengan jumlah yang banyak karena teknik dan pengalaman belum terlalu banyak. Kalau nanti sudah lama berkecimpung dalam dunia ternak ayam bangkok bisa ditambah jumlahnya sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuan. Dengan begini peternak bisa meminimalisir kerugian yang terjadi akibat banyak ayam yang mati.

Indukan Berkualitas

Biasanya ayam bangkok ini digunakan untuk ayam aduan sehingga tidak boleh sembarangan dalam memilih indukan. Indukan yang berkualitas ini akan menghasilkan DOC ayam bangkok yang berkualitas pula. Indukan berkualitas ini bisa terlihat seberapa tangguh ayam tersebut di area pertarungan. Semakin tangguh  di area pertarungan maka harganya akan semakin mahal. Antara jantan dan betina harus sama-sama berkualitas supaya DOCnya juga berkualitas. Selain menghasilkan sendiri DOC yang berkualitas peternak bisa mencari bibit atau DOC ayam bangkok yang masih dalam periode starter, dengan begini harga yang ditawarkan tidak terlalu besar karena umur ayam yang masih kecil. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi peternak pemula yang ingin menekan modal untuk mendirikan peternakan ayam bangkok.

Makanan dan Minuman

Pemberian pakan untuk ayam bangkok ini berbeda dengan ayam yang lainnya karena karakteristik ayam yang berbeda. Peternak harus tahu bagaimana cara pemberian pakan yang tepat untuk ayam bangkok ini. Begitu pula dengan minumannya. Khusus pemberian pakan ayam bangkok tidak disarankan untuk memberikan pakan yang basah karena akan menyebabkan pilek. Pakan ternak ayam juga harus disesuaikan dengan periodenya, nutrisinya, kualitas, dan juga jumlahnya. Dalam minuman ayam bangkok bisa diberikan vitamin dan suplemen supaya tidak mudah terkena penyakit dan memiliki nafsu makan yang stabil.