WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Penyebab dan Gejala yang Bisa Anda Kenali dari Kanker Lambung

Mendengar penyakit kanker saja sudah sangat mengerikan dan tidak ada bayangan seperti apa rasanya jika mengalami tersebut. Tidak ada satu orangpun yang ingin mengalami masalah kesehatan, apalagi jenis kanker yang sangat mematikan. Dari sekian banyak jenis kanker yang dikenal, ada kanker lambung yang menjadi penyakit tumbuh pada bagian lambung secara abnormal atau tidak terkendali. Jangan salah, ini merupakan penyakit yang mematikan apalagi jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Inilah kenapa pentingnya mengetahui penyebab dan gejala awal masalah tersebut.

Secara umum kanker pada lambung itu tidak menunjukkan gejala diawal, bahkan hampir sama dengan orang sehat pada umumnya. Umumnya tanda itu hanya berubah nyeri pada bagian ulu hati dan masih sering orang menganggap itu merupakan sakit maag biasa. Inilah kenapa kanker tersebut termasuk dalam jenis yang sulit di diagnosa sejak dini. Akan mulai ketahuan ketika sudah memasuki usia stadium lanjut, secara otomatis itu akan mempengaruhi kesembuhan yang menjadikan lebih sulit dan lama. Banyak yang mengatakan jika kanker itu bisa diobati tetapi tidak bisa disembuhkan apalagi sudah besar.

Berikut Penyebab dan Gejala yang Bisa Anda Kenali dari Kanker Lambung

Secara umum, kanker pada lambung terjadi adanya perubahan genetik pada bagian sel lambung yang perlu Anda ketahui. Tetapi selain itu tentu saja ada faktor pemicu yang membuat masalah penyakit tersebut lebih mudah menyerang. Mereka yang lebih berpotensi besar adalah:

  1. Perokok atau yang mempunyai kebiasaan merokok ketat.
  2. Mereka yang merupakan usia diatas 55 tahun.
  3. Lebih berpotensi terhadap pria dari pada wanita.
  4. Mereka yang keluarganya mempunyai riwayat penyakit yang sama.
  5. Pernah melakukan operasi atau sedang menjalani proses penyembuhan pasca operasi bagian lambung.

Selain beberapa hal diatas, penyakit kanker lambung juga lebih berpotensi besar kepada mereka yang sebelumnya mengalami beberapa jenis penyakit seperti radang lambung, anemia, sistem kekebalan tubuh lemah, sampai dengan kanker jenis yang lainnya. Tidak menutup kemungkinan pula pola gaya hidup yang membuat resiko semakin besar. Seringnya mengkonsumsi daging olahan, sering mengkonsumsi garam berlebih, sering konsumsi alkohol, jarang mengkonsumsi buah dan sayur, jarang olahraga sampai dengan kelebihan berat badan. Nah, bagi Anda yang mempunyai beberapa resiko diatas perlu lebih waspada lagi.

Jenis kanker pada lambung di stadium awal sering sekali tidak dikenali gejalanya, meskipun ada tetapi tidak disadari bahwa itu merupakan tanda penyakit yang berbahaya. Tidak sedikit orang menganggap sepele tanda tersebut seperti perut kembung, sering bersendawa, nyeri pada bagian ulu hati, mual, capek sampai dengan cepat kenyang ketika sedang makan meskipun porsi kecil. Ketika sudah meningkat tentu saja tanda yang muncul juga lebih meningkat lagi seperti muntah, BAB tidak normal dan masih banyak lagi lainnya. Jangan anggap sepele, beberapa tanda tersebut sudah diyakini membuat Anda perlu segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Terkadang orang yang awam masih sering merasa kebingungan, kapan harusnya pergi ke dokter? Apalagi pemikiran dimana itu masih merupakan tanda penyakit biasa yang bisa sembuh tanpa pemeriksaan. Tetapi jika memang Anda sudah ada pada tahapan muntah darah, BAB tidak lancar, sampai dengan masalah lainnya perlu untuk melakukan pemeriksaan. Jangan sampai adanya kanker lambung diketahui tetapi terlambat. Karena jika sejak dini pasti pengobatan akan lebih cepat dan bisa dibasmi secara tuntas, berbeda kondisi ketika sudah mulai menyebar dan meningkat. Sekian, semoga dapat bermanfaat.